signal-100-image
(Image: signal-100-image)

Bagi yang belum tau, Signal 100 adalah sebuah film Jepang dirilis pada tahun 2020 yang diadaptasi dari manga dengan judul sama yang mengusung tema death game, seperti film As the Gods Will dan Battle Royale. Film ini ber-genre Thriller yang berlatar di sekolah, dan lebih spesifik pada suatu kelas yang terdiri dari 36 siswa dan seorang guru yang merupakan wali kelas. Film ini mengisahkan tentang 36 siswa yang mengalami hipnotis secara massal dimana jika mereka melanggar 100 peraturan dari sang wali, mereka akan melakukan bunuh diri secara otomatis dengan cara mereka sendiri.

student-signal100
(Image: signal-100-image)

Film ini akan dibintangi oleh Kanna Hashimoto, Yuta Koseki, Toshiki Seto dan masih banyak lagi bintang yang sudah sangat terkenal di Jepang. Seperti Toshiki Seto yang ku kenal dari serial Kamen Rider Ex-Aid bersama Shouma Kai yang juga bermain di film ini.

Menurutku pribadi, sebagai film genre thriller, film ini cukup memberikan adegan adegan sadis  dari para siswa yang bunuh diri bahkan cukup ngilu, mereka pun harus melakukan bunuh diri itu karena suatu hal yang sepele, seperti memakai seragam olahraga tidak pada jadwalnya, terlambat masuk kelas, sampai menangis dan menggunakan ponsel pun juga bisa memicu pengaruh hipnotis itu aktif. Dalam film ini, hanya ada satu orang yang akan bertahan dan para siswa terpaksa menggunakan cara licik untuk menyingkirkan teman-teman mereka. Terkesan jahat sih, tapi dari segi survival, mereka pasti berusaha untuk tetap hidup meski pada akhirnya mereka juga akan menghilang bersama mereka yang tidak selamat.



Film ini disutradarai oleh Lisa Takeba yang telah menyutradarai film The Pinkie pada tahun 2014. Meski pun film seperti ini bisa dibilang repetitive karena sudah banyak film Jepang yang mengusung genre seperti ini, Signal 100 masih cukup fun untuk dinikmati. Selain karena para cast yang penuh visual (meskipun tidak semuanya sih), plot yang dibawakan juga cukup menarik tentang para siswa yang berusaha agar tidak terbunuh karena melanggar aturan.

signal-100
(Image: signal-100-image)

Namun masih ada yang agak janggal di film ini, yaitu sang wali kelas itu sendiri. Jika memang dia menginginkan para siswanya untuk merasakan kematian itu sendiri, lalu untuk apa dia bersikap baik sedari awal? Dan setelah itu beliau juga ikut bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari ketinggian tapi dia tetap hidup di akhir film. Apa dia memiliki semacam plot armor atau bagaimana? Bagian ini masih agak membingungkan karena tidak adanya penjelasan, tiba-tiba muncul aja lagi untuk memberikan kesempatan balas dendam untuk sang tokoh utama.

Tapi terlepas itu pun, film ini tetap enjoyable untuk ditonton bagi kalian yang suka tema death game. Film ini sudah bisa kalian lihat di Bilibili dan di situs internet lainnya. Untuk masalah selera sih, terserah pada kalian juga, kan selera orang beda-beda, jadi aku tak memaksa sih jika kalian tidak mau menonton film ini.

1 Comment

Write A Comment

Pin It