Setelah Tom Holland merampungkan promosi dari Spiderman No Way Home, kini dia kembali beraksi di film terbaru Sony Pictures bersama dengan Plastation Productions, yaitu Uncharted.

(Image: Sony Pictures)

Sebagai Info awal, Uncharted adalah video game buatan Naughty Dog yang seri pertamanya rilis pada 19 November 2007 untuk PS 3. Naughty Dog sendiri dikenal dengan game buatannya seperti The Last of Us series dan Uncharted series, dan Naughty Dog juga berkerja sama dengan Playstation Production untuk menggarap game-game first party Playstation atau dalam artian game eksklusif hanya untuk Playstation. Game-game Naughty Dog tersebut juga mendapat review positif dari banyak reviewer dan dari para gamer sendiri.

Di dalam filmnya sendiri, Uncharted menceritakan tentang awal mula Nathan Drake bertemu dengan Victor Sullyvan. Sully mengenal saudara Nathan, yaitu Sam yang sudah lama meninggalkan Nathan sejak kecil. Sully pun mengajak Nathan untuk bekerja sama untuk mencari harta karun dari Kapal Magellan yang hilang. Sully mengungkapkan bahwa Sam menghilang dan tidak pernah menghubunginya selama dua tahun terakhir, dan dia pun mengungkapkan bahwa jika mereka menemukan harta itu, ada kemungkinan mereka akan menemukan Sam. Mereka pun memulai dengan mencari dua salib yang menjadi kunci untuk menemukan kapal tersebut. Kendala pun banyak menghampiri mereka, apalagi mereka harus menghadapi anak dari keluarga Moncada yang juga mencari harta tersebut, yaitu Santiago Moncada.

Awal mula saat aku mendengar film ini, aku sempat skeptic karena film film yang diadaptasi dari video game, kebanyakan selalu berakhir gagal dan kurang laku. Sebut saja Hitman (2015) yang menghilangkan kesan arogan dari sang protagonis, Doom (2005) yang ceritanya lebih ke arah Sci-Fi yang kurang jelas, dan film Resident Evil yang disutradarai Paul Anderson yang sukses mengecewakan penggemar dengan memasukkan karakter yang tidak ada dalam gamenya menjadi protagonis film tersebut. Melihat semua daftar game yang dijadikan film selalu berakhir buruk, munculnya film Uncharted, yang gamenya menjadi game yang sangat diminati para gamer, membuat aku skeptic di awal. Namun setelah melihat dari alur film ini, aku pun menyadari beberapa hal.

(Image: Naughty Dogs)

Film ini jika dilihat dari sudut padang orang yang memainkan game dan yang tidak memainkan gamenya akan memiliki penilaian yang berbeda. Sebagai penonton yang tidak memaminkan gamenya, film ini dibawakan dengan baik sebagai film adventure, aspek action dalam filmnya juga cukup seru dan cerita yang cukup menarik tentang para pencari harta karun yang saling merebutkan harta yang sama.

Namun, dari beberapa orang yang sudah menamatkan game nya hingga seri terakhirnya berpendapat berbeda. Mereka menilai bahwa cerita dalam film ini cukup berbeda dengan cerita asli dalam gamenya, bahkan pembawaan karakter Nathan Drake juga menurut mereka masih kurang karena dalam gamenya Nathan Drake digambarkan sebagai pria yang sangat suka petualangan dan berburu harta karun, sedangkan dalam film dia digambarkan sebagai pria yang agak ceroboh dan agak naif. Sebenarnya permasalahannya juga ada pada perawakan Tom Holland yang dinilai oleh para pemain serasa kurang cocok dengan Nathan Drake dari gamenya. Meski aku sendiri memiliki asumsi karena masa promosi Spiderman: No Way Home berakhir bertepatan dengan munculnya film ini, jadi penonton masih merasa bahwa Tom Holland masih seperti anak muda seperti halnya Peter Parker yang dalam film tersebut masih terbilang muda, jadi kurang cocok dengan Nathan Drake.

Inilah yang menyebabkan film ini mengalami Mix Review, dikarenakan memiliki beberapa perseptif yang berbeda. Namun sebagai film adventure, film ini sudah cukup bagus dan penuh dengan aksi menegangkan dalam berburu harta karun. Cukup enjoyable untuk ditonton bareng keluarga sebagai film action. Memang untuk konflik dalam film ini terbilang klise untuk sebagian penonton, film ini sangat seru jika kalian mencari film action namun dengan konflik yang tak terlalu kompleks.

(Image: Sony Pictures)

Adegan action disini menghadirkan banyak aksi parkour di atas pesawat dan kapal yang sedang diangkut dengan helicopter. Yang menjadi suatu kejanggalan disini adalah bagaimana kapal tua seperti kapal Magellan yang memang sudah tua seperti itu bisa diangkut dengan mudah dan orang-orang disana bertarung di atasnya? Apa gak gampang hancur kayu-kayu di kapal itu?

Yah, meski memang bagian itu cukup memberi pertanyaan, film ini sangat seru untuk ditonton bareng saudara kalian. Apalagi kehadiran Tom Holland dalam film ini setelah rampungnya Spiderman saat itu, masih tidak menghilangkan kesan Peter Parker dalam dirinya, apalagi banyak aksi parkour di dalam film ini. Film ini sudah bisa kalian nikmati di Netflix atau AppleTV dan kalian bisa memberikan pendapat kalian tentang film ini, karena kembali lagi pada selera pribadi.

Author

Write A Comment

Pin It