desain

Cara Membuat Vector Di Photoshop Dengan Style Hitam Putih

Pinterest LinkedIn Tumblr
Cara Membuat Vector Di Photoshop
(image: Prekuel)

Cara membuat vector di photoshop dengan style hitam putih – Vector menjadi salah satu style desain yang cukup populer saat ini. Bahkan tak jarang vector menjadi salah satu desain yang digunakan untuk berbagai brand-brand besar, yang paling terkenal tentunya KFC. Siapa yang tidak kenal kakek-kakek berkacamata dengan senyuman manisnya digambarkan dengan style desain berbasis vector. Vector wajahnya tersebut sangat terkenal di seluruh dunia.

Nah bagaimana sih cara membuat vector wajah di photoshop? Mari kita bahas.



Alat-alat yang digunakan untuk membuat vector wajah

  1. Laptop
  2. Software Photoshop
  3. Kopi Jangan lupa.

Nah sebenarnya alat-alat yang wajib hanya 2 itu saja. Jika kamu masih menggunakan photoshop versi CS, saya rasa sudah cukup untuk membuat vector wajah, karena tidak ada filter atau effect yang terlalu banyak untuk membuatnya. Kita hanya menggunaka pen tool sebagai tool utama dalam proses pembuatanya.



Penjelasan singkat cara pembuatan Vector wajah

Nah ada 2 cara untuk membuat vector wajah dengan style hitam putih.

Yang pertama cara gampangnya, teman-teman bisa gunakan Threshold pada photo teman-teman, tinggal diatur level Threshold-nya sampai mendapatkan hasil yang pas.

Nah teman-teman bisa melakukan finishing dengan merapikan shape-shape yang belum rapi.




Kemudian cara yang kedua adalah cara manual. Kita bisa menggunakan pen tool untuk melakuan proses tracing pada image. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang baik.

Saya sarankan untuk menggunakan cara yang kedua, karena menggunakan cara yang pertama bergantung dari image/foto yang teman-teman gunakan. Jika fotonya memiliki pencahayaan yang kurang bagus, maka kemungkinan besar hasil yang akan di dapatkan tentunya kurang bagus juga.

Tapi teman-teman juga bisa menggunakan efek Threshold untuk mengetahui gelap terang pada gambar yang akan di buat menjadi vector. Nah kita akan bahas di bab proses pembuatan vector wajah menggunakan cara manual

Proses pembuatan vector wajah menggunakan cara manual

1. Tentukan Artboard

Cara Membuat Vector Di Photoshop - pilih artboard
(image: Prekuel)

Nah untuk langkah pertama teman-teman bisa membuat artboard terlelbih dahulu. Caranya klik FILENEW DOCUMENT lalu tentukan ukuran sesuai kebutuhan teman-teman. Disini saya menggunakan a4.

2. Memilih Foto

Cara Membuat Vector Di Photoshop - pilih foto
(image: Prekuel)

Berikutnya pilih foto yang akan teman-teman gunakan. Saran saya, gunakan foto yang memiliki pencahayaan yang bagus, supaya memudahkan teman-teman dalam proses tracing nantinya.




Atau teman-teman bisa mengatur kecerahan menggunakan adjusment yang tersedia di photshop, Teman-teman bisa gunakan curves atau levels untuk mendapatkan kecerahan yang presisi.

3. Tambahkan efek Treshold

Cara Membuat Vector Di Photoshop - threshold
(image: Prekuel)

Kemudian langkah berikutnya, tambahkan efek treshold pada foto teman-teman, caranya klik ADJUSMENT – THRESHOLD. Hal in bertujuan untuk mendapatkan akurasi gelap terang secara otomatis, sambil teman-teman sesuaikan level dari Thresholdnya.

Ini hanya digunakan sebagai acuan saja untuk memudahkan kita dalam menentukan gelap terang dari fotonya.

4. Atur Layer




Nah ini yang paling penting, Agar teman-teman tidak bingung dengan layer yang akan numpuk nantinya. Buat layer secara rapi dengan mengelompokan bagian-bagian pada foto grup menggunakan grup. Ini akan memudahkan kita ketika proses repairing di ahir.

Berikan nama disetiap grup untuk memudahkan kita mencari jika layernya sudah banyak.

5. Proses Tracing

Cara Membuat Vector Di Photoshop - tracing
(image: Prekuel)

Nah di proses ini sangat perlu diperhatikan bagaimana settingan pen tool yang digunakan agar proses tracing jadi lebih mudah.

Yang pertama pilih Pen tool, lalu set ke mode Shape dan setting tipenya menjadi Combine Shapes. Combine shapes berfungsi agar setiap kali kita melakukan tracing dengan objek yang terpisahm photoshop tidak secara otomatis membuat layer baru yang bisa sangat merepotkan pada nantinya. Bayangin ada 100 komponen terpisah pada vector yang akan dibuat maka jika tidak di set ke tipe Shape Combine, Photoshop secara otomatis membuat 100 layer juga. Akan saya jelaskan lebih lengkap mengenai hal ini di bab berikutnya

Lakukan proses tracing dengan menyeleksi bagian-bagian gelap pada foto, seperti rambut, bola mata, lubang hidung dan lain sebagainya.



lakukan dengan sabar dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Teman-teman juga bisa menggunkan style wpap dengan dominasi garis lurus untuk memudahkan teman-teman dalam proses tracing.

Penjelasan Combine Shape dan juga Subtract Front Shape

1. Combine Shape

Cara Membuat Vector Di Photoshop - combine shapes
(image: Prekuel)

Seperti yang saya jelaskan diatas, Combine shape ini beruguna agar setiap kali membuat shape yang baru, shape yang dibuat akan otomatis bergabung dengan shape sebelumnya atau tanpa secara otomatis membuat layer baru.

Jika menggunakan tipe New Layer, seperti namanya, Shape yang dibuat berikutnya akan membuat layer baru secara otomatis.

2. Subtract Front Shape

Cara Membuat Vector Di Photoshop - subtract
(image: Prekuel)

Nah tipe yang berikutnya ini juga cukup sering digunakan, di beberapa case saat membuat vector wajah, penggunaan pen tool pada tipe ini, cukup sering digunakan.

Subtract front shape berfungsi untuk menggabungkan sekaligus membuat space kosong atau mengurangi shape jika berada di atas shape yang telah dibuat sebelumnya.

Liat gambar dibawah untuk melihat perbandinganya.



Tips dan Trick

1. Gunakan style wpap

Gunakan style wpap sederhana saat melakukan tracing di bagian-bagian yang gelap. Ini sangat memudahkan teman-teman jika tidak terbiasa menggunakan pen tool, karena penggunaan pen tool sedikit tricky, jadi perlu waktu untuk melatihnya agar mudah.

Nah di style wpap, teman-teman hanya menggunakan garis lurus saja dengan mengikuti pola pada foto teman-teman. Ini akan terlihat lebih kaku, tapi jika teman-teman melakukan secara mendetail, hasilnya akan terlihat sangat maksimal dan semantis.

2. Buat nama di tiap-tiap layer

Nah ini mungkin terlihat sepele, tapi ini sangat berguna jika teman-teman memiliki layer yang cukup banyak. Teman-teman akan sangat kesulitan ketika ingin merubah atau akan melakukan perubahan pada layer tertentu.

Mungkin solusi lainya adalah dengan menggunakan auto select pada move tool, namun tetap saja, itu akan sangat merepotkan ketika jumlah layernya sudah banyak. Membuat nama pada layer sangat gampang, dan tentunya sangat bermanfaat nantinya.




3. Kerjakan perbagian secara berurutan

Nah tips yang ketiga adalah mengerjakan proses tracing secara berurutan. Sebenarnya ini tidak wajib, tapi akan lebih baik kalau kita melakukan proses tracingnya secara berurutan.

Selain membuat lebih terstruktur, langkah ini juga bisa mempercepat proses pembuatan karena sudah tahu langkah mana yang lebih dulu dikerjakan.

4. Sabar

Sabar, sabar, dan sabar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kesabaran adalah kunci.

Nah mungkin itu saja tutorial yang bisa saya berikan, Semoga bisa membantu teman-teman dalam pembuatan vector wajah menggunakan photoshop.

1 Comment

Write A Comment

Pin It